Pelabuhan Tanjung Priok adalah pelabuhan terbesar dan tersibuk di Indonesia yang terletak di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3.75 juta peti kemas (TEUS). Kegiatan KKP. Pelabuhan ini berfungsi sebagai pintu gerbang arus keluar masuk barang ekspor-impor maupun barang antar pulau. Berita Pelabuhan-tanjung-priok - Sebanyak 334 ABK Kapal Pesiar Veendam yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) dievakuasi ke Dermaga JICT II, Pelabuhan Tanjung Priok. Sejak dahulu kawasan ini merupakan pelabuhan prasejarah sejak zaman penyebaran agama Hindu, dan kemudian oleh pemerintah kolonial Belanda Tanjung Priok benar-benar dikembangkan menjadi kawasan pelabuhan komersial pada akhir abad ke-18. Pelabuhan ini menangani lebih dari 30% komoditi Non Migas Indonesia, disamping itu 50% dari seluruh arus barang yang keluar / masuk Indonesia melewati pelabuhan ini. Sebanyak 5.104 penumpang kapal dari berbagai daerah Indonesia sudah kembali ke Jakarta sejak Minggu, melalui Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta.Sebanyak 5.104 penumpang kapal tiba di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta dalam arus balik sejak Minggu lalu.Menhub menyatakan akan memoles Pelabuhan Tanjung Priok jadi hub internasional. IPC kembali membagikan ribuan masker di Pelabuhan Tanjung Priok.PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau IPC kembali mensterilisasi Pelabuhan Tanjung Priok untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19Praktik pungutan liar (pungli) di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta ternyata masih marak. Deputi Pemberantasan BNN Irjen Arman Depari mengatakan pengungkapan penyelundupan ganja di Pelabuhan Tanjung Priok pengembangan kasus sebelumnya.Badan Narkotika Nasional (BNN) membongkar penyelundupan narkoba jenis ganja di dalam sebuah mini bus di Terminal 2 Pelabuhan Tanjung Priok.Pemerintah akan membuka layanan ekspor-impor di Pelabuhan Tanjung Priok selama 7x24 jam. PT Pelindo II berencana melepas saham anak perusahaannya PT Pelabuhan Tanjung Priok atau PTP melalui initial public offering. Jumat, 14 Agustus 2020 Saat ini sejumlah pekerjaan saat ini masih dalam proses yang harus segera difinalisasi. "Diharapkan, pelabuhan ini dapat mendorong ekonomi masyarakat sekitar dan juga secara nasional," ujar Menteri Budi melalui keterangan tertulisnya usai meninjau langsung lokasi proyek pembangunan Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat, Minggu, 9 Agustus 2020.Selain itu, kata Budi, dengan adanya Peti Kemas dan Kendaraan Bermotor (Car Terminal) di Pelabuhan Patimban diyakini dapat mengurangi kepadatan lalu lintas khususnya untuk ekspor-impor produk kendaraan di Pelabuhan Tanjung Priok.Sebab selama ini, kendaraan berat termasuk angkutan ekspor-impor kendaraan menyumbang pada kemacetan lalu lintas khususnya ruas antara Bekasi-Tanjung Priok, Jakarta.Pelabuhan juga diharapkan dapat mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan, memperkuat ketahanan ekonomi, sekaligus mengurangi tingkat kepadatan lalu lintas dari dan menuju Jakarta.Saat ini, lanjut Budi, proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Patimban hampir rampung atau lebih dari 90 persen.

Tanjung Priok merupakan kota pelabuhan terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 11 km sebelah utara Kota Jakarta.. Sebagian besar penduduk di Tanjung Priok menjadi pegawai atau pekerja pada berbagai jawatan pelabuhan atau perusahaan perkapalan.. Di pelabuhan ini terdapat beberapa perusahaan perkapalan nasional terbesar, diantaranya Jakarta Lloyd, Pelni, dan Inaco. Tahap pertama, Pelabuhan Patimban direncanakan akan dapat melayani 3.75 juta peti kemas (TEUS). Menhub Budi menjelaskan, dampak positif itu karena Pelabuhan Patimban memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Saat ini sejumlah pekerjaan saat ini masih dalam proses yang harus segera difinalisasi. istimewa ©2020 Merdeka.com "Kami berharap semua pihak kerja keras agar Pelabuhan Patimban ini mulai dapat beroperasi pada November 2020," kata Budi.Pelabuhan Internasional Patimban yang sedang dibangun ini bakal menjadi pelabuhan terbesar kedua di Indonesia setelah pelabuhan Tanjung Priok. The comprehensive intermodal facilities at Tanjung Priok allow it to connect to all cities in Indonesia. Port of Tanjung Priok (Indonesian: Pelabuhan Tanjung Priok) is the busiest and most advanced Indonesian seaport, handling more than 50% of Indonesia's trans-shipment cargo traffic.